USER INTERFACE PADA GAME KOMPUTER
USER INTERFACE PADA GAME KOMPUTER
User Interface
User Interface adalah
tampilan visual sebuah produk yang menjembatani sistem dengan pengguna (user). Tampilan
UI dapat berupa bentuk, warna, dan tulisan yang didesain semenarik mungkin.
Secara sederhana, UI adalah bagaimana tampilan sebuah produk dilihat oleh
pengguna.
Analoginya bisa dijelaskan seperti ini. Misalnya Anda
mengunjungi sebuah rumah, Anda pasti akan melihat tampilan rumah tersebut,
bukan? Anda bisa melihat halaman depan rumah, letak pintu utama, dan
jendela.
User Interface Pada Game
Desain user interface
dalam game berbeda dari desain UI lainnya karena melibatkan unsur tambahan
fiksi. Fiksi melibatkan avatar dari pengguna yang sebenarnya, atau
player. Sebuah Desain Antarmuka (Interface) pada suatu Game mempengaruhi
kenyamanan dan sejauh mana user/pengguna meminati Game tersebut.
Dalam desain user interface game, terdapat sebuah teori yang
dikemukakan oleh Erik Fagerholt dan Magnus Lorentzon dari Chalmers
University of Technology. Dalam tesisnya mereka menulis tesis tentang
desain user interface berjudul Beyond the HUD – User Interfaces for
Increased Player Immersion in FPS
HUD itu sendiri kepanjangan dari Heads – up display,
merupakan metode dimana informasi secara visul disampaikan kepada pemain
sebagai bagian dari antarmukan pengguna permainan. Biasanya menunjukkan
bar/kotak HP(Health Point) ataupun MP(Mana Point) dan biasanya
muncul di atas kepala karakter. Fungsi HUD ini untuk memudahkan
pemain mengetahui kondisi karakter dalam permainan.
Dalam desain antarmuka game terdapat beberapa elemen yang
diantaranya adalah :
1. Diagetic: Desain antarmuka yang termasuk dalam permainan game yaitu yang dapat dilihat dan didengar oleh karakter dalam permainan. Yang dimaksudkan pada antarmuka diagetic ini segala sesuatu yang terlihat terkecuali elemen-elemen non-diegetic seperti HUD, Kursor mouse, Informasi dari Komputer,dll Contoh: Interface dalam game Dead Space, pada game Assassin’s Creed.
2. Non-diegetic: Desain Antarmuka yang diberikan sebagai tambahan di luar dunia game itu sendiri, hanya terlihat dan terdengar ke pemain di dunia nyata. Sehingga seakan-akan karakter dalam dunia game tidak melihatnya. Mass Effect 3 menggunakan banyak Non-diegetik elemen UI untuk menginformasikan pemain senjata karakter dipilih dan kekuasaan – antara lain.
3. Spatial: Elemen User Interface yang disajikan dalam ruang permainan 3D dengan atau tanpa suatu entitas dari dunia permainan yang sebenarnya (diegetik atau non-diegetik). Outline karakter dalam Left 4 Dead adalah contoh dari Spatial.
4. Meta: Gambaran yang bisa muncul dalam dunia game, namun tidak selalu divisualisasikan spasial untuk pemain.Contoh yang paling jelas adalah efek ditampilkan di layar, seperti percikan darah pada kamera untuk menunjukkan kerusakan. Contoh: Duty Calls- The Calm Before the Storm
Daftar Pustaka
Komentar
Posting Komentar