Pembahasan Mengenai Mail Merge Pada Ms.Word
Pada Post-an sebelumnya Saya sudah membuat sebuah artikel Sortir dan Tabel Pada Microsoft Word dan kali ini saya akan membahas tentang Mail Merge pada Ms.Word
Sebelum kita membahas lebih lanjut, kita juga harus tau pengertian dari mail merge tersebut
Mail merge bisa diartikan sebagai penggabungan dua dokumen menjadi satu dokumen atau dalam pengertian yang lebih luas Mail Merge merupakan salah satu aplikasi dari Microsoft Word untuk membuat surat dalam jumlah besar.
Lalu, apasih fungsi Mail Marge itu sendiri ...
Fasilitas Mail Merge pada Microsoft Office sering digunakan untuk membuat surat-surat seperti surat undangan, surat keputusan, surat pemberitahuan, label undangan, surat peringatan, sertifikat, kartu nama, dan sebagainya.
Sebagai Contohnya, langsung saja kita mencoba Membuat Dokumen Utama dan Sumber Data
Langkah-langkah:
Ada Juga Kekurangan dan kelebihan mail merge
Sebelum kita membahas lebih lanjut, kita juga harus tau pengertian dari mail merge tersebut
Mail merge bisa diartikan sebagai penggabungan dua dokumen menjadi satu dokumen atau dalam pengertian yang lebih luas Mail Merge merupakan salah satu aplikasi dari Microsoft Word untuk membuat surat dalam jumlah besar.
Lalu, apasih fungsi Mail Marge itu sendiri ...
Fasilitas Mail Merge pada Microsoft Office sering digunakan untuk membuat surat-surat seperti surat undangan, surat keputusan, surat pemberitahuan, label undangan, surat peringatan, sertifikat, kartu nama, dan sebagainya.
Sebagai Contohnya, langsung saja kita mencoba Membuat Dokumen Utama dan Sumber Data
Langkah-langkah:
- Buat file-nya ( surat ato sertifikat ). Misal pada surat, yang akan kita buat mail merge-nya adalah Nomor, Kepada, Alamat ( atau bagian lain yang diperlukan )
- Pilih Mailings – Start Mail Merge – Step by Step Mail Merge Wizard
Saatnya step-by-step Mail Merge :
- Saat muncul jendela Mail Merge di sebelah kanan, default yang terpilihnya adalah Letters.
Klik Next: Starting document - Di step 2 ini, default yang muncul adalah Use the current document ( artinya kita hanya akan mengunakan document yang kita buka untuk proses Mail Merge)
Klik Next: Select recipients - Asumsikan kita beum memiliki daftar penerima untuk Mail Merge, maka
- Pilih Type a new list,
- Pilih Create
Akan muncul jendela baru dimana pada kolomnya tertera “Title”, “Last Name”, dll. Karna bukan itu yang kita butuhkan, maka kita pilih Costumize Columns - Hapus “Title”, “First Name”, dan semua daftar yang ada satu persatu
- Jika daftar telah kosong, sekarang kita tambahkan dengan meng-klik tombol Add
- Ketik Nomor
- Klik tombol OK
- Lakukan juga penambahan untuk Kepada dan Alamat sampai hasilnya kaya gini,
- Kalau udah, klik tombol OK
- Pada jendela baru yang muncul (New Address List), silahkan isi data pada baris pertama
- Untuk menambahkan data baru, klik aja tombol New Entry, trus isi lagi deh :)
- Kalo dirasa daftar namanya udah cukup, klik tombol OK
- Saat tampil jendela Mail Merge Recipients, pastikan semua nama telah ter-centang
- Kalo udah yakin semua nama ter-centang, klik tombol OK
- Klik Next: Write your letters.
- Pilih Type a new list,
- Letakkan cursor di bagian yang akan kita tempatkan Nomor surat
- Klik menu More Items
- Pilih Nomor
- Klik tombol Insert
- Klik tombol Cancel
- Ulangi langkah 1 sampai 5 untuk mengisi Nomor dan Alamat
- Hasilnya nanti kaya gini
Klik menu Next: Preview you letteras
- Pada tahap ini kita diperlihatkan hasil dari Mail Merge. Karna kita telah membuat 2 recipient, maka kita dapat melihatnya dengan meng-klik tombol panah >> atau <<
- Kita telah selesai membuat Mail Merge…
Kalau mau langsung print bisa mengklik menu Print atau jika ingin meng-edit individual bisa mengklik menu Edit individual letters.
Saat kita memilih Edit individual letters, maka masing-masing nama akan tampil di masing-masing halamannya.
selesai proses mail merge.
Ada Juga Kekurangan dan kelebihan mail merge
- Kekurangan
- Didalam tahap awal mebutuhkan proses yang agak rumit
- Agak rumit untuk digunakan, karena ada beberapa aspek yang dilakukan sebelum surat itu terkirm
- Kelebihan
- Dapat mengirim surat tanpa harus banyak membuat sama untuk tujuan yang banyak
- Dapat digunakan untuk mengirim banyak alamat surat hanya dengan satu jenis surat saja
- Effisien dalam pengunaan waktu
- Mempermudah bila kita.Sumber :
Komentar
Posting Komentar