Mengenal Microsoft Excel dan Fungsi-fungsinya

Hai... pada artikel sebelumnya Kita membahas mengenai Mail merge pada Microsoft Word.

Kali ini kita akan membahas tentang Microsoft Excel

Sebelumnya kita perlu tahu, apa itu Microsoft Excel, Microsoft Excel adalah General Purpose Electronic Spreadsheet yang dapat digunakan untuk mengorganisir, menghitung, menyediakan maupun menganalisa data-data dan mempresentasikannya ke grafik atau diagram. Kemudahan lain yang diperoleh dari program ini adalah terintegrasinya program Microsoft Excel dengan program aplikasi windows yang lain. Saat anda membuka Microsoft Excel maka sebuah buku kerja (Workbook) siap digunakan yang didalamnya terdapat beberapa lembar kerja (worksheet).

Lalu terdapat menu menu pada Microsoft Excel yaitu : 
Menu Pada Microsoft Excel

1. Menu Bar
Menu Bar berguna untuk menjalankan suatu perintah. Menu bar pada Microsoft Office Excel antara lain :
a. File
b. Home
c. Insert
d. Page layout
e. Formulas
f. Data
g. Review
h. View
2. Status Bar
Status Bar mempunyai dua area utama, yaitu Message Area pada bagian kiri dan kotak indikator pada bagian kanan. Ready merupakan pertanda bahwa Excel siap menerima perintah, sedangkan NUM mengindikasikan bahwa fungsi tombol-tombol angka pada bagian keypad di papan keyboard dalam kondisi aktif.
3. Title Bar
Title bar merupakan bagian yang berada paling atas lembar Excel. Dalam title bar terdapat beberapa komponen, antara lain :
a. Ikon Control Menu
b. Restore, untuk mengatur ukuran layar dalam ukuran yang relatif.
c. Move, untuk memindahkan posisi layar jendela ke posisi lain.
d. Size, mengatur ukuran layar jendela Excel.
e. Minimize, menampilkan jendela Excel ke ukuran minimal dalam bentuk ikon.
f. Maximize, menampilkan jendela Excel ke ukuran maksimal, yaitu memenuhi layar.
g. Close, untuk keluar dari aplikasi Excel.
4. Formula Bar
Formula bar berfungsi untuk memasukkan, memperbaiki, dan juga dapat menampilkan data atau rumus pada sel yang sedang aktif. Untuk memperbaiki data atau rumus adalah dengan cara mengklik atau menekan tombol F2.
5. Petunjuk Sel (Cell Pointer)
Untuk memindahkan penunjuk sel ke posisi yang baru dapat digunakan bantuan mouse maupun keyboard. Dengan mouse kita dapat leluasa memindahkan posisi penunjuk sel dengan mengarahkan pointer ke sel yang dituju. Sedangkan dengan menggunakan keyboard langkah yang ditempuh antara lain :
Gambar 2.6
Jika posisi sel berada diluar tampilan jendela, maka kita dapat menggunakan fasilitas scrollbar, baik yang vertikal maupun yang horizontal untuk menjangkau sel yang dimaksud.

2.3   Membuka Workbook Baru
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Pilih menu File – New (Ctrl+N) atau klik ikon lembar kosong pojok kiri atas pada toolbar.
2. Jika ingin membuka workbook yang telah disusun dengan format tertentu bisa menggunakan tab Spreadsheet Solutions atau Bussiness Planner Template.
Gambar 2.7 
3. Pilih format yang diinginkan dengan mengklik pada file yang ditampilkan, dan lihat contoh tampilannya pada Preview.
4. Setelah menentukan file yang dimaksud klik OK.

2.4    Menyimpan Buku Kerja (Workbook)
1. Pilih menu File – Save (Ctrl+S)
2. Pada kotak dialog Save In, tentukan tempat yang dipakai untuk menyimpan.
3. Pada kotak isian, ketikkan nama file.
4. Klik ikon save. 

2.5    Mengatur Tampilan Lembar Kerja
1. Anda dapat menggeser Zoom Control ke arah kiri untuk memperkecil tampilan lembar kerja atau arah kanan untuk memperbesar tampilan yang terletak dipojok kanan bawah dari lembar kerja.
Gambar 2.8 http://aimyaya.com
2. Anda dapat mengklik persentasi dari nilai yang ditampilkan, sehingga Anda tampilan akan tampil zoom control, dan Anda dapat memilihnya.
Gambar 2.9 http://aimyaya.com
3. Dengan cara ini Anda dapat memperbesar dan memperkecil tampilan lembar kerja dengan praktis yaitu, dengan menekan tombol Ctrl dan menggerakkan scroler pada mouse, sehingga Anda dengan bebas dapat memperkecil dan memperbesar tampilan lembar kerja.
4. Selain itu Anda juga dapat mengatur tampilan dengan memilih dalam bentuk Normal yang ditampilkan secara default, tampilan secara Page Layout (yang juga menampilkan margin di Excel serta pengaturan Header dan Footer) dan Page Break Preview (yang juga menampilkan lembar kerja per halaman).
Gambar 2.10 http://aimyaya.com
Gambar 2.11 http://aimyaya.com
Gambar 2.12 http://aimyaya.com

2.6    Mengatur Format Tampilan Angka
1. Klik sel yang berisi nilai atau bilangan riil
2. Klik ribbon Home
3. Pada grup number klik tombol dropdown Number Format
4. Kemudian klik item Number.
5. Tampilan nilai pada sel akan berubah menjadi nilai dengan dua angka dibelakang koma.
Gambar 2.13 http://aimyaya.com

2.7    Mengatur Format Tampilan 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembahasan Mengenai Mail Merge Pada Ms.Word

Pembahasan Singkat Microsoft Word

Engine Dan Scene Graph Dan Konsep Pembuatan Script Game Komputer.